Mesin untuk proses nano

Mesin untuk proses nano
13th October 2021 No Comments mesin nano, mesin PBM admin

Teknologi nano pada dasarnya sudah dikembangkan dan ditemukan sejak lama, kapan nano teknologi ditemukan? Sejarahnya pada tahun 1965, seorang ahli fisika yang bernama Richard Feynman memenangkan hadiah nobel dalam bidang fisika.

Istilah Nanoteknologi pertama kali diresmikan oleh Prof Norio Taniguchi dari Tokyo Science University tahun 1974 dalam makalahnya yang berjudul “On Basic Concept of ‘NanoTechnology‘,” Proc. Intl Conf. Prod.

Teknologi nano sebenarnya sangat bermanfaat untuk kebutuhan manusia, tetapi sayangnya teknologi nano ini masih terasa asing bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Nanopartikel merupakan suatu partikel dengan ukuran nanometer, yaitu sekitar 1-100 nanometer (Hosokawa et al. 2007). Material atau struktur yang mempunyai ukuran nano akan mempunyai sifat-sifat yang berbeda dari material asalnya.

Ukuran nanometer foto
nano partikel sumber sainspop

Teknologi nano umumnya banyak digunakan dibidang kesehatan yakni medis dan pengobatan, dan tak menutup kemungkinan teknologi nano bisa digunakan dibanyak bidang, misalnya bidang industri. Mengapa demikian ?

Karena salah satu keuntungan teknologi nano yang diunggulkan adalah pada ukuran seluruh parameter kehidupan baik biologi, elektronik, maupun yang lainnya, itu bisa dikontrol secara teknis. Mesin nano dibutuhkan didalam pengembangan teknologi nano dikarenakan partikel nano yang sangat kecil bisa dihasilkan oleh mesin nano.

nanopartikel

Beberapa mesin nano diharapkan untuk kemampuan penelitian baik untuk akademisi, industri skala kecil dan industri skala besar. Teknologi nano sangat mudah diaplikasikan ke industri herbal dan farmasi.

  • High Energy Milling – Ellipse 3 dimension (HEM-E3d), merupakan mesin untuk alat proses nano herbal/non herbal berbentuk powder (ekstrak/simplisia). Alat ini mampu memperkecil ukuran partikel menjadi skala nanometer dalam waktu singkat.
  • Nano Wet Milling, merupakan mesin untuk alat proses nano dalam bentuk pasta, cairan. Alat ini berkapasitas 100 liter perhari dan sangat cocok untuk skala industri.
  • Homogenizer HPH mesin alat ini mampu menghasilkan nano partikel dalam bentuk pasta. Alat ini mampu memproduksi dalam skala 20 liter per batch.

Dari teknologi nano ini diperkirakan banyak yang akan bisa dinikmati dari hasilnya, kegunaannya dan khasiatnya untuk kesehatan masyarakat.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *