Propolis tak kenal maka tak sayang

Propolis tak kenal maka tak sayang
7th October 2021 No Comments Nano Propolis admin

Kebanyakan orang tahu dan mengenal madu, manun tidak akrab dengan istilah propolis. Beberapa orang mungkin pernah mendengar tentang propolis, tapi tak benar-benar mengetahui bentuk dan manfaatnya propolis.

Propolis merupakan zat resin yang dikumpulkan lebah madu dari berbagai tumbuhan. Lebah senang akan bunga dan tanaman yang berbau obat-obatan. Zat yang dihasilkan oleh tumbuhan tumbuhan tersebut bercampur dengan air liur lebah dan biasa digunakan untuk memperbaiki celah pada sarang mereka, sehingga Propolis juga dikenal sebagai “Lem Lebah”.

Penggunaan propolis dalam beberapa jurnal penelitian menyebutkan bahwa “Masyarakat Yunani Kuno sebenarnya telah menggunakan sejak 350 SM [sebelum masehi] sebagai obat bisul atau abses. Pada tahun belakangan ini, Propolis menjadi trend di dunia kesehatan. Kini propolis banyak digunakan oleh masyarakat dalam bentuk berbagai produk, contohnya adalah:

  • Obat tetes untuk suplement
  • Obat salep
  • Serum kecantikan dan obat jerawat
  • Serum rambut
  • Sabun mandi
  • Skincare
  • Kosmetik

Propolis digandrungi bukanlah tanpa sebab, sebagai produk sekunder dari lebah madu, propolis mengandung lebih 300 senyawa kimia. Salah satunya adalah polifenol yang bertugas sebagai Antioksidan untuk mengatasi berbagai kerusakan dan penyakit dalam tubuh. Maka dari itu, propolis sering juga disebut sebagai antibiotik alami.

Peneliti propolis Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S. Si M.Eng dari Universitas Indonesia menuturkan bahwa khasiat propolis tidak terbatas sebagai anti pembengkakan saja, namun hingga anti kanker. Di Indonesia sendiri, khasiat propolis untuk menangkal kanker masih dalam tahap penelitian lanjutan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Namun manfaat propolis untuk kesehatan mulut dan gigi sudah banyak dibuktikan.

Mengingat manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh, tidak ada salahnya Anda memulai mengkonsumsi supplemen yang memiliki kandungan propolis. Tetapi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk hasil lebah madu – misalnya royal jelly – tidak dianjurkan untuk menggunakan propolis dalam bentuk apapun tanpa konsultasi dengan dokter.

Propolis cocok untuk dikonsumsi oleh segala usia, dengan tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh lainnya. Anda pun tak boleh mengkonsumsi supplement propolis sembarangan. Anda harus memastikan bahwa supplement propolis yang Anda konsumsi terjamin serta terdaftar di BPOM.

Dan yang harus Anda ketahui juga konsumsilah propolis yang sudah mengandung Nanotechnology, yang terbukti cepat manfaatnya didalam reaksi ketubuh.

Didalam propolis nanotechnology juga tidak mengandung wax atau lilin dan ada juga propolis yang mengandung alkohol dan itu sangat tidak baik.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *