Wajib tahu, Sayuran yang mengandung protein tinggi.

Wajib tahu, Sayuran yang mengandung protein tinggi.
24th June 2021 No Comments protein admin

Protein sangat penting bagi tubuh kita, jika kita kekurangan protein maka akan berakibat fatal. Sangat disayangkan bahwa protein sangat mudah kita dapatkan akan tetapi kita tidak suka dengan makanan yang mengandung protein tersebut sebut saja kacang-kacangan atau telur dan daging.

Protein bukan saja terdapat dalam makanan seperti telur dan kacang-kacangan tetapi protein juga terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Tahukah kamu jika tubuh kekurangan protein?

Kekurangan protein tidak saja menyebabkan rasa lapar, lelah dan lemas. Tetapi juga akan membuat sistem ketahanan tubuh kamu menurun. Protein merupakan makronutrien yang dibutuhkan untuk membangun, memperbaiki dan mengatur fungsi berbagai jaringan dan organ tubuh. termasuk otot

sumber: alodokter

Nah jadi kamu harus makan-makanan yang mengandung protein.

Tentunya jika asupan makanan yang mengandung protein tidak semuanya orang akan senang apalagi orang-orang yang menjalani pola makan vegetarian (biasa dengan makan sayur-sayuran).

Sayur-sayuran yang mengandung protein menjadi makanan yang paling mewah untuk para vegetarian, (sangat bagus untuk yang menjalani diet sehat) karena tentunya para vegetarian ini tetap membutuhkan asupan tinggi untuk tubuhnya, agar segala aktivitas dan rutinitas kesehariannya tidak terganggu.

Apa saja sayur-sayuran yang mengandung protein yang tinggi?

alfalfa
kecambah alfalfa
  • Selada Air Sayuran memiliki daun kecil bundar berwarna hijau gelap yang hidup di air. Selada air biasa biasa dikonsumsi bersama dengan batangnya dan memiliki rasa pedas Sayuran yang mengandung protein, dalam satu cangkir (34 gram) selada air, terdapat 0,8 gram protein dan 100% rekomendasi asupan harian (RAH) Vitamin K, ditambah lagi, selada air mengandung berbaagi nutrisi penting, seperti vitamin B, mangan, kalium, Vitamin A dan Vitamin C.
  • Kecambah alfalfa Sayuran yang mengandung protein ini juga ternyata rendah kalori, dan sangat cocok untuk Anda yang menjalankan diet sehat, Kecambah alfalfa sangat cocok untuk menu harian Anda. Satu cangkir kecambah alfalfa ini mengandung protein yang cukup tinggi, yakni sekitar 1,3 gram protein. Selain itu ada banyak nutrisi penting lainnya seperti folat, vitamin B, hingga zat besi.
  • Bayam Untuk yang sayuran satu ini kita sudah tahu pastinya, dan ternyata untuk percangkirnya bayam 30 gram, mengandung 1 gram protein dan juga 181%RAH, Vitamin K.
  • Pak coy Sawi sendok atau yang lebih dikenal dengan pak coy tidak hanya mengandung vitamin dan mineral. Pak Coy juga menjadi sayuran yang mengandung protein tinggi. Satu cangkir (70) gram pak coy, mengandung 1 gram protein selain itu pak coy juga sumber folat, kalsium, kalium, dan zat besi yang tinggi.
  • Asparagus Sayuran yang satu ini seringkali diolah menjadi sup maupun pendamping ketika menyantap tips, namun belum banyak yang tahu kalau sayur asparagus sayuaran yang sangat menyehatkan itu ternyata mempunyai kandungan protein yang tinggi. Satu cangkirnya 134 gram mengandung 2,9 protein, selain itu juga mengandung folat, vitamin B, tembaga, fosfor hingga magnesium didalamnya.
  • Brokoli Sepertinya sayuran yang satu ini menjadi sayuran super, selain mengandun protein tinggi sayuran ini banyak mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Seperti kalium, fosfor, vitamin C, vitamin K, hingga mangan. Lebih dari itu brokoli mengandung glukosinolat yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Dalam satu cangkir brokoli, terdapat 2,6 gram didalamnya.
  • Kembang Kol Kembal kol adalah sayuran berikutnya yang mengandung protein, dalam satu cangkirnya 100 gram mengandung 2 gram protein. Sama seperti brokoli, kembang kol juga mengandung glukosinolat yang dianggap ampuh mencegah penyakit kanker.

Sumber: sehatq.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *