Serat makanan yang dibutuhkan tubuh

Serat makanan yang dibutuhkan tubuh
24th May 2021 No Comments makanan serat admin

Sakit yang diderita jika masalah pencernaan adalah biasanya kurang serat dan tubuh susah untuk buang air besar. Jika susah buang air besar, maka system pencernaan Anda akan mulai merasakan sakit dan ujung-ujungnya timbul penyakit lainnya. Jika susah BAB (buang air besar) 2-3 hari Anda harus cepat2 banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Makanan yang mengandung serat sama dengan Anda membiasakan mengkonsumsi makanan herbal. Membiasakan menyukai sayur-sayuran dan buah-buahan sangat penting bagi tubuh Anda mendapatkan Vitamin dan Serat yang alami.

makanan mengandung serat tinggi
top view of oatmeal porridge in a bowl and fresh berries and nuts on the wooden white rustic background

Makanan dan buah yang mangandung serat tinggi antara lain adalah:

  • Buah Pir : satu buah pir ukuran sedang mengandung 5,5 gram serat.
  • Buah Stroberi : Kaya akan vitamin C, mangan dan serat
  • Buah Alpukat : Kaya akan lemak sehat, ktinggi karbohidrat dan serat
  • Buah Apel : Buah yang seratnya juga tinggi satu buah apel mencapai 4,4 gram
  • Buah Raspberry : Kaya akan vitamin, mangan dan serat
  • Buah Pisang : Kaya akan nutrisi, vitamin C, vitamin B6, kalium dan juga serat
  • Wortel : Sayuran yang tinggi vitamin K, vitamin B6, magnesium dan betakaroten. Dan juga tinggi serat
  • Bit : Sayuran akar yang sangat tinggi serat dan kaya akan berbagai nutrisi penting seperti folat, besi tembaga, mangan dan kalium.
  • Brokoli : Sayuran yang kaya akan serat, vitamin C, Vitamin K, Vitamin B, Kalium, besi, dan mangan serta mengandung antioksidan dan ampuh melawan kanker.
  • Kubis : Sayuran yang sangat tinggi vitamin K, kalium, folat, dan antioksidan, Sayur yang mengandung tinggi serat.
  • Kacang Merah : Sayuran yang berasal dari kacang-kacangan yang dikenal sangat tinggi serat.
  • Kacang Polong : Sayuran ini juga termasuk dari kacang-kacangan terbukti kaya serat tinggi.
  • Kacang Arab : Sayuran yang kaya akan nutrisi, mineral dan protein. Kacang yang mempunyai serat yang tinggi
  • Oat : Sayuran yang berasal dari biji-bijian. terkenal akan makanan untuk orang diet yang kaya akan serat tinggi.
  • Almond : Sayuran yang berasal dari Kacang-kacangan, sangat tinggi dan kaya akan serat
  • Ubi Jalar : Sayuran yang berasal dari umbi-umbian sangat kaya akan serat, beta karoten, vitamin B dan berbagai mineral.

Baca juga: Kolesterol tinggi dan pengobatannya

Baca juga: Ketahui manfaat buah pisang

Fungsi-fungsi utama dan manfaat makanan serat adalah:

  • Mengatasi dan memperpendek waktu transit makanan di dalam usus dan meningkatkan massa tinja. memperlancar proses BAB, mengurangi resiko wasir dan kanker kolon.
  • Membantu proses menurunkan berat badan. Sangat bagus untuk seseorang yang manjalankan program diet sehat.
  • Mengatasi obesitas. Ini membantu sesorang yang berat badannya terlalu lebih.
  • Menjaga kadar gula darah, serat ternyata mampu menjaga mengurangi gula darah yang terdapat dari karbohidrat dan lemak.
  • Menurunkan kolesterol, Serat ternyata mampu mengikat lemak jahat.
  • Menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Jika kita BAB yang tidak lancar maka akan merusak Usus besar Anda.

Jangan tunda lagi untuk menyukai dan mengkonsumsi Makanan tinggi serat, serat yang Anda makan sangat banyak sekali manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan Anda.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *