Ternyata ini Manfaat rebusan sereh, jahe dan gula merah

Ternyata ini Manfaat rebusan sereh, jahe dan gula merah
22nd April 2021 No Comments Uncategorised admin

Serai atau sereh dan jahe sudah lama terbukti sebagai rempah-rempah yang mempunyai khasiat untuk tubuh. Sehingga air rebusan keduanya dianggap dapat membantu meredakan berbagai penyakit. Agar lebih lezat, kita pun menambahkan gula merah kedalam campuran tersebut.

Khasiat rebusan jahe, serai dan gula merah antara lain bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi, sehingga membantu menyehatkan pencernaan.

Manfaat rebusan sereh dan jahe sudah digadang-gadang sejak dahulu kala. Namun, biasanya klaim tersebut hanya didasarkan pada cerita turun temurun.

Ternyata secara ilmiah, manfaat jahe maupun sereh juga bisa dibuktikan.

Berikut ini beberapa khasiat yang bisa didapatkan apabila kita mengkonsumsi keduanya.

  1. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Baik jahe maupun serai, merupakan rempah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri adalah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih.

Radikal bebas sendiri bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker atau penyakit syaraf seperti Alzheimer dan parkinson.

2. Meradakan peradangan di tubuh

Minum air rebusan sereh dan jahe juga bisa membantu meredakan peradangan ditubuh, karena keduanya memiliki sifat antiinflamasi.

Inflamasi atau peradangan bisanya terjadi akibat infeksi bakteri, pola makan yang kurang sehta hingga alergi.

3. Mengobati mual

Jahe sudah lama digunakan sebagai obat mual alami, sehingga saat merasa mual dan ingin muntah, tidak salahnya mengkonsumsi air rebusan jahe dan serai dan dicampur dengan gula merah.

4. Menyehatkan pencernaan

Minum air rebusan sereh bisa membantu meredakan sakit perut, kram perut maupun masalah pencernaan lainnya.

Menurut penelitian, sereh juga baik untuk mengatasi tukak lambung dan melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

5. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi air rebusan serai secara rutin dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Jika tensi darah Anda adalah 135/85, maka tekanan sistoliknya adalah 135.

Namun, orang yang punya riwayat penyakit jantung sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Sebab, minuman ini bisa memperlambat detak jantung, sehingga berpotensi memicu ganguan tambahan.

6. Menyeimbangkan kadar gula darah

Jahe juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami diabetes. Rempah yang satu ini akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah yang ada sekaligus mengurangi resiko terjadinya komplikasi tambahan akibat diabetes

7. Membantu menjaga kadar kolesterol

Baik jahe maupun serai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol (LDL) dan trigliserida yang didapatkan dari makanan tidak sehat. Perlu di ingat agar manfaat ini bisa maximal, Anda juga perlu menjaga pola makan.

8. Meredakan perasaan cemas

Khasiat air rebusan jahe dan serai tak hanya baik untuk fisik, tapi juga kandungan serai didalamnya dipercaya bisa memberikan efek menenangkan bagi mereka yang mengalami kecemasan.

9. Mencegah Infeksi

Mengkonsumsi serai juga bisa melindungi tubuh dari infeksi, Tidak heran rempah ini sering digunakan untuk membantu mengurangi resiko terjadinya infeksi jamur mulut yang sering menyerang orang dengan ganguan imun seperti penderita HIV dan Covid 19.

10. Menurunkan Berat badan

Baik jahe maupun serai dinilai bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini bisa lebih terasa apabila diiringi dengan menjalani pola makan sehat dan olahraga yang teratur.

Untuk lebih sedapnya dan disukai banyak orang, air rebusan sereh dan jahe tersebut dicampur dengan gula merah.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *