Apakah bahayanya radikal bebas

Apakah bahayanya radikal bebas
1st April 2021 No Comments radikal bebas admin

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovalen. Akibat pemecahan homolitik, suatu molekul akan terpecah menjadi radikal bebas yang mempunyai elektron tak berpasangan. Sumber: wikiperdia

Kenapa radikal bebas bisa berbahaya?

Radikal bebas jika dalam jumlah banyak terpapar dalam diri kita, maka akan menyebabkan penyakit dan ganguan medis. Dan yang paling berbahaya akan menyebabkan penyakit kanker. Cara kerjanya menyebabkan stres oksidatif.

Kerusakan membran sel, komponen terpenting membran sel mengandung asam lemak tak jenuh ganda, yang sangat rentan terhadap radikal bebas. Akibatnya, struktur dan fungsi membran akan berubah, yang lebih ekstrim adalah mematikan sel sel pada jaringan tubuh. Misalnya kerusakan sel organ tubuh.

Cara menangkal radikal bebas

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel yang ada didalam tubuh, khususnya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Antioksidan bisa ditemukan didalam berbagai jenis makanan, minuman serta supplement.

Peranan antioksidan dalam menangkal radikal bebas

Antioksidan adalah sifat dari berbagai dari berbagai senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk didalam maupun diluar tubuh.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi antioksidan secara alami. Oleh sebab itu, Anda perlu mengkonsumsi cukup makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi setiap harinya untuk menangkal efek radikal bebas.

Berbagai jenis dan sumber Antioksidan

Terdapat berbagai jenis Antioksidan. Masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda, untuk melingdungi dari sel-sel tubuh dari kerusakan.

Berikut daftar makanan yang sangat banyak antioksidannya.

  • Vitamin C: berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel serta merangsang sel pertumbuhan pembentukan kolagen.
  • Vitamin E: Berfungsi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Flavanoid: Berfungsi untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas. mendukung kinerja sel-sel tubuh, dan mengurangi efek zat beracun pada tubuh.
  • Likopen: Berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker.
  • Lutein dan zeaxanthin berfungsi untuk melindungi sel-sel mata dan syaraf serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif, seperti katarak dan degenerasi makula.
Rosemary oil in bottle with rosemary plants

Kandungan antioxidant dari tumbuh-tumbuhan untuk perawatan kecantikan.

Daun rosemary juga dikenal dapat menangkal radikal bebas, selain itu banyak penelitian tentang daun rosemary tersebut baik untuk menambah fungsi-fungsi kerja otak kita.

Rosemary selain baik untuk dikonsumsi baik juga untuk dimanfaatkan dijadikan serum kecantikan untuk perawatan kulit wajah dan tubuh.

Propolis juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan memang sangat bagus untuk mencegah radikal bebas.

Propolis dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk perawatan kecantikan dan supplement kesehatan. Cara kerja propolis juga terbukti sangat bagus dan aman.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *