Potensi dunia herbal di 2021

Potensi dunia herbal di 2021
5th January 2021 No Comments Uncategorised admin

Tahun baru 2021 sudah kita masuki, dengan tahun baru 2021 banyak harapan yang bisa di wujudkan.

Harapan tahun 2021 ini tentunya sangat beragam dan bermacam macam. Dalam segi dunia kesehatan semua berharap virus covid 19 akan segera berakhir. Vaksin covid 19 ini tentunya menjadi harapan semua manusia di dunia, di karenakan belum ditemukannya obat untuk covid 19.

Potensi dunia herbal di 2021

hutan di indonesia
Hutan di Indonesia sumber hayati

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat luas, yang mempunyai keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Tidak kurang dari 30.000 spesies tumbuhan ada di hutan tropis di Indonesia. Dari jumlah tersebut ada 9.600 species yang diketahui memiliki khasiat obat.

“Sayangnya belum semuanya dimanfaatkan untuk pengobatan. Baru 200 species digunakan sebagai bahan baku industri obat tradisional,” jelas Prof.Dr. Ratna Asmah Susidarti, M.S., Spt., saat menyampaikan pidato pengukuhan jabatan Guru Besar pada Fakultas Farmasi UGM, Selasa (17/1) di Balai Senat UGM.

”Tanaman Sebagai Sumber Senyawa Bioaktif: Peranannya Dalam Terapi dan Pengembangan Obat Baru”, Ratna menyebutkan bahwa pemanfaatan tanaman sebagai bahan baku obat juga belum dilakukan secara maksimal di level global. Dari sekitar 250.000-500.000 spesies tumbuhan yang ada di dunia, hanya sekitar 15 persen dilaporkan telah diteliti secara fitokimia. Sementara itu, untuk tanaman yang telah diuji aktivitas biologisnya baru sekitar 6 persen.

Data penelitian menunjukkan terdapat 122 senyawa yang digunakan sebagai obat. Seluruh senyawa tersebut didapat dari 94 spesies tanaman yang sebagian besar yaitu sekitar 80 persen diantaranya telah digunakan sebagai obat rakyat.

Sumber: https://ugm.ac.id/id/berita/13165-ribuan-tanaman-herbal-di-indonesia-belum-dimanfaatkan-secara-optimal

Dengan banyaknya spesies tanaman herbal seharusnya Industri obat tradisional di Indonesia bisa menjadi pelopor dunia kesehatan tanaman obat herbal.

Potensi bisnis obat herbal juga sangat bagus dari tahun ke tahun

“Potensi yang dimiliki Indonesia harus dikawal agar dapat dikembangkan oleh para peneliti, sehingga dapat memenuhi permintaan akan obat tradisional dan suplemen kesehatan dari bahan alam yang semakin meningkat,” ujar Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito.

Untuk dapat bersaing di kancah global, Indonesia perlu memberikan fasilitas ruang gerak terhadap peneliti tanaman berkhasiat obat agar menghasilkan obat herbal yang bermutu dan berdaya saing.

Sumber: https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/531/Potensi-Obat-Herbal-Indonesia.html

Lebih lanjut Kepala Badan POM mengungkapkan bahwa Badan POM berupaya mengembangkan obat berbahan herbal untuk meningkatkan daya saing dan menjadi salah satu alternatif dalam pengobatan secara formal.

Upaya tersebut sejalan dengan percepatan hilirisasi untuk mendorong pengembangan industri obat berbahan herbal.

Badan POM telah melakukan pendampingan penelitian uji klinik, mulai dari penyusunan protokol, diperolehnya pendanaan penelitian oleh Kementerian Riset dan Teknologi, hingga pelaksanaan uji klinik yang dilakukan terhadap sistem manajemen mutu, fasilitas uji klinik, dokumen uji klinik, dan produk uji.

tanaman herbal
Indonesia Herbal-industry Enter The global Market: Kemenlu

Bukan hanya BPOM saja yang mendukung dan mensupport industri obat berbahan herbal ini, tetapi kementrian luar negeri atau kemenlu juga memperkenalkan obat herbal ini kemanca negara.

Industri Jamu memasuki pasar global

Sejak dulu, khasiat obat herbal Indonesia sudah dikenal luas dapat menjaga kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Potensi tanaman obat yang banyak tumbuh di berbagai wilayah Indonesia juga sangat prospektif untuk dikembangkan karena kebutuhan yang cukup potensil di pasar global.

Tercatat negara-negara tujuan ekspor obat herbal Indonesia antara lain: Australia, Saudi Arabia, Tiongkok dan AS (Sumber: Kemendag)

Sumber: https://kemlu.go.id/maputo/id/news/8843/industri-jamu-indonesia-memasuki-pasar-global

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *