Tips menghadapi musim hujan

Tips menghadapi musim hujan
7th December 2020 No Comments Uncategorised admin

Perubahan suhu dingin dikala musim hujan sangat mempengaruhi daya tahan tubuh. Tubuh manusia ternyata sangat sensitif terhadap perubahan cuaca dingin tersebut.

Perubahan musim sangat rentan bagi anak-anak.

Jika kita tidak menjaganya dan merasa acuh akan kesehatan maka akan cepat terserang berbagai penyakit.

Penyakit yang sering dimusim hujan

  • Diare: penyakit yang satu ini biasanya sering muncul di kala musim hujan dan menyerang anak-anak kecil yang daya tahan tubuhnya lemah. Penyakit ini berawal dari virus E-coli yang menyerang sistem pencernaan. Dapat di amati ketika anak kita sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Baiknya jika gejala tersebut langsung di obati.
  • Flu dan Influenza: penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik anak anak maupun orang dewasa, walaupun penyakit ini bisa timbul musim apa saja, namun ketika musim hujan penyakit ini terus meningkat. Flu dan influenza disebabkan virus influenza type A,B dan C. Virus yang mudah menular dikarenakan batuk, bersin dan menyentuh orang yang sedang sakit.
  • Demam berdarah: penyakit DBD juga biasanya banyak muncul ketika diawali masuknya musim penghujan. Nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang biak di air yang tergenang dan terus menyebar di beberapa daerah dengan cepat. Penyakit yang ditandai dengan demam tinggi disertai nyeri di sendi dan otot dan munculnya bintik-bintik merah di sekujur tubuh. Jika ada gejala tersebut segera ke rumah sakit dan cepat dirawat dikarenakan bisa menimbulkan kematian jita tidak segera diatasi.

Tips Menghadapi musim hujan

Dari pengetahuan tentang menurunnya daya tahan tubuh diakibatkan udara yang terus dingin dan beberapa penyakit yang sering timbul pada musim hujan tersebut maka kita di anjurkan untuk terus menjaga kehangatan dan imunitas tubuh kita diantara dengan:

Makan dan minum yang hangat

Makan makanan yang sehat sangat dianjurkan apalagi dengan keadaan yang hangat sangat baik sekali. Makan sup dipercaya bisa menyembuhkan penyakit influenza dan minum kunyit hanyat atau teh hangat juga bisa meningkatkan imunitas tubuh kita. Banyak lagi makanan dan minuman herbal yang bisa meningkatkan imunitas.

aktifitas diluar musim hujan
Kurangi aktivitas diluar

Jika tidak terlalu perlu jangan terlalu sering melakukan aktivitas diluar yang dingin dan keadaan sedang hujan. Jika memang tidak bisa dihindari gunakan payung dan jas hujan agar tubuh Anda tidak basah dan dingin.

Bersih-bersih di rumah dan lingkungan

Musim hujan juga baiknya kita melakukan bersih bersih, terutama sampah sampah disekitar kita. Jika Anda tinggal dekat dengan aliran air, baik sungai dan selokan. Anda dapat mengambil sampah-sampahnya agar tidak mampet dan banjir.

nyamuk dbd

Tutup dan buang air-air tergenang yang akan menyebabkan nyamuk DBD berkembang biak.

Persiapkan suplemen herbal dan jamu herbal

Jika hujan terus menerus turun dari pagi sampai malam, dan hujan nya sangat besar, bisa dipastikan kelembaban udara akan semakin dingin dan daya tahan tubuh semakin berkurang. Sebelum daya tahan tubuh kita drop atau menurun baiknya kita sediakan suplemen herbal atau jamu herbal untuk kita konsumsi.

manfaat jahe untuk kesehatan

Jahe adalah tanaman herbal yang banyak manfaatnya dan bisa digunakan untuk jamu herbal di saat musim penghujan seperti ini. Jahe ini juga dipercaya dapat menjaga kehangatan tubuh kita dan mencegah kita dari virus influenza

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *