7 Manfaat Mengonsumsi Buah Dan Sayuran Untuk Tubuh dan kesehatan Anda

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Dan Sayuran Untuk Tubuh dan kesehatan Anda
19th February 2019 No Comments Uncategorised admin
Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai daya tahan untuk melindungi tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.
Di cuaca yang seperti sekarang ini, buah dan sayuran yang segar merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi secara rutin. KENAPA ?
Karena buah dan sayur-sayuran banyak mengandung sumber serat, berbagai vitamin, antioksidan serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah yaitu Vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor dan asam folat. Kandungan kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anda, yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang.Serat yang ada dalam buah dan sayur juga memberikan peran nya dalam mencegah berbagai
macam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Serat ini sendiri membantu dalam menurunkan kolestrol jahat, mengontrol kadar gula darah, melancarkan sistem pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang sehingga tidak makan secara berlebihan.

Yuk, langsung aja kita lihat, manfaat dari merutinkan mengonsumsi buah dan sayuran untuk tubuh.

1. Melancarkan pencernaan
Buah dan sayuran memiliki kandungan serat alami yang mudah di cerna oleh tubuh. Karena mudah menyerap air, serat ini dapat meringankan dan mencegah konstipasi, karena mendorong keinginan buang air besar menjadi lebih rutin dan lancar.
Program diet yang dijalankan dengan di imbangi mengonsumsi buah dan sayuran sebagai
asupan serat dan air juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menunda lapar dan membantu menjaga berat badan.

2. Menurunkan tekanan darah
Diet yang mencakup banyak buah dan sayuran dihubungkan dengan tekanan darah yang lebih rendah.
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ‘ orang dengan tekanan darah yang tinggi yang sedang melakukan diet buah, sayur, produk susu lemak, serta membatasi asupan lemak, dapat mengalami penurunan darah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran, akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sayuran hijau seperti bayam, kubis, selada dan seperti buah alpukat dan juga
kiwi yang kaya akan antioksidan. Buah dan sayuran ini bekerja dengan mengurangi pergerakan sel radikal bebas sehingga mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.
manfaat sayur dan buah untuk kesehatan
4. Mencegah resiko penyakit jantung 
Semakin banyak jumlah rata-rata konsumsi buah dan sayur dalam sehari, maka semakin kecil pula kemungkinan kita terhindar dari sakit kardiovaskular. Pada sebuah penelitian didapatkan bahwa orang yang menjalani diet buah atau mengonsumsi rata-rata delapan atau lebih takaran saji buah dan sayur perhari, berpeluang 30% lebih rendah mengalami serangan jantung dan stroke, yang artinya dengan mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin, maka yang artinya, daya tahan tubuh nya semakin kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

5. Mencegah dan mengurangi stres berlebih
Dengan kandungan nutrisinya, sayuran dapat menstimulasi berbagai jenis hormon dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia. nah, sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah stres antara lain : Ubi, sayuran hijau, tomat, labu, jamur, paprika, buncis, kacang merah, bit, pisang dll.
 

6. Menurunkan resiko terkena diabetes

Penelitian menemukan bahwa, rutin mengonsumsi buah dan sayuran segar khusus nya apel, jeruk, dan jambu, dapat menurunkan resiko terjadi nya diabetes tipe 2.
Pilih buah yang rasanya tidak terlalu manis, dan hindari buah-buahan kaleng, karena umumnya buah tersebut tinggi akan gula nya.
7. Menyehatkan pandangan mata
Jika penglihatan anda melemah, maka mulai saat ini anda harus rutin mengonsumsi buah dan sayuran segar. Kandungan Vitamin A dan Potasium yang ada di dalam buah dan sayuran inilah yang membantu memperbaiki pada jaringan mata.Mencegah itu lebih penting daripada mengobati ‘ Itulah kalimat yang paling pas bagi kita yang tau akan mahalnya sebuah kesehatan itu sendiri. Di samping asupan gizi yang harus terpenuhi, seimbangkanlah dengan berolahraga yang teratur, agar organ-organ di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *