bj habibie
Kunjungan dan peninjauan di fasilitas riset PUSPITEK oleh Prof. Dr. Ing. H. B. J dan WANTANNAS
dalam rangka melaporkan kepada para anggota WANTANNAS dan undangan lainnya mengenai perkembangan PUSPITEK dan kegiatan kegiatan saat ini.

“Selama ini Wantanas belum tahu di dalamnya. Tahu ada Puspiptek, tapi belum tahu di dalamnya ada apa, dan telah dijelaskan betapa pentingnya, ini adalah kawasan strategis untuk riset ke depan. Akhirnya beliau melihat dan menyaksikan sendiri,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Puspiptek.

menristekdikti

Menurutnya, bersamaan dengan kunjungan tersebut, Dewan Riset Nasional (DRN) mencoba berkolaborasi, karena Wantanas memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi, bagaimana mengsinergikan ini. “Jadi mereka melihat situasi dan melihat laboratorium, ternyata sangat tertarik yang ada di dalam ini,” terang Nasir.

Ia menjelaskan, tugas Kemenristekdikti adalah bagaimana mengembangkan riset nasional, karena ke depan menjadi tulang punggung kemajuan bangsa Indonesia, selama ini riset juga dirasa hanya menghabiskan anggaran, karena pendekatannya supply-side.

Untuk itu menurutnya, riset ke depan harus demand-side, artinya kebutuhan industri, kebutuhan masyarakat itu apa, mulai dari hight technology sampai teknologi tepat guna.

“Ini harus kita kembangkan bersama-sama. Memang resources ekonomi berbasis pada SDA tidak cukup, harusnya ekonomi akan baik memberikan nilai tambah yang tinggi kalau itu berbasis pada ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi,” paparnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Sekjen Wantannas Mayjen Doni Monardo, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe, Kepala BPPT Unggul Priyanto, Kepala Batan Djarot Sulistio Wisnusubroto, Ketua DRN Bambang Setiadi, serta sejumlah anggota DRN dan Wantannas.

PT NHI

PT NHI

Selain itu pula Prof Dr Ing H B J Habibie dan Wantanas menyempatkan berkunjung ke stan kami PT Nanotechherbal Indonesia dan berdialog dengan Direktur Marketing dari PT NHI Ir M Arief. Tentang perkembangan nano technologi dan industri herbal dan Beliau mendukung sekali produk produk nano dan komersialisasi produk riset dan lisensi

PT NHI

pt nhi

Terima Kasih kepada Prof Dr H B J Habibie dan Wantannas atas kunjungannya di stan kami. Dan dukungannya atas teknologi nano untuk bisa berkembang lagi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments Protected by WP-SpamShield Spam Plugin