produk nano chitosan

Mengenal KITOSAN 

Kitosan merupakan bahan alami yang diproduksi dari hasil pengolahan limbah kulit udang. Di kalangan masyrakat kita Limbah ini biasanya hanya di manfaatkan untuk pakan hewan ternak saja.

Tetapi yang perlu kita ketahui bahwasanya limbah kulit udang ini juga menyimpan potensi manfaat yang luar biasa, karena kulit udang merupakan sumber potensial bahan alam pembuatan kitin dan kitosan yang secara komersial potensial dalam berbagai bidang industri.

 Kitosan merupakan turunan kitin dengan rumus N-asetil-D-Glukosamin, yang merupakan polimer kationik yang mempunyai jumlah monomer sekitar 2000-3000 monomer, tidak berifat toksik.

Kitosan juga memiliki karakteristik fisik, biologi, kimiawi yang baik diantaranya biodegradable (dapat terurai oleh mikro organism), biocompatible, dan non toksik (tidak beracun), karena sifat alami inilah kitosan menjadi andalan senyawa serbaguna masa depan yang ramah lingkungan

Kitosan diproduksi secara kimiawi dalam proses deasetilasi atau penghilangan gugus asetil kitin menggunakan larutan basa / alkali panas.

Kitosan dapat juga diproduksi secara enzimatis menggunakan enzim kitin deasetilasi.

Saat ini kitosan telah banyak digunakan dan di manfaatkan dalam berbagai bidang di antaranya dalam bidang kesehatan/farmasi dan dunia kedokteran kitosan digunakan sebagai bahan pemercepat penyembuhan luka bakar, lebih baik dari yang terbuat dari tulang rawan. Selain itu juga sebagai bahan pembuatan garam-garam glukosamin yang mempunyai banyak manfaat di bidang kedokteran, sebagai . Misalnya untuk menyembuhkan influenza, radang usus dan sakit tulang.

Dan Kini telah dikembangkan produk shampoo kering mengandung kitin yang disuspensi dalam alkohol. Termasuk pembuatan lotion dan shampoo cair yang mengandung 0,5 – 6,0 % garam kitosan.

Manfaat Shampoo ini mempunyai kelebihan dapat meningkatkan kekuatan dan berkilaunya rambut, karena adanya interaksi antara polimer tersebut dengan protein rambut.

Di era modern ini seiring perkembangan zaman dan teknologi kini telah hadir sebuah modifikasi dalam pengolahan kitosan. Dalam teknologi nano atau yang biasa disebut nanoteknologi. Teknologi ini memberikan peran serta manfaat yang sangat signifikan di berbagai bidang.produsen nano kitosan

Kitosan yang telah diolah dan kita ketahui menyimpan segudang banyak manfaat sebagai pembawa obat (drug carrier), penyembuh luka dan anti aging yang baru baru ini telah diolah dipadukan dengan teknologi nano. Teknologi nano membantu penyerapan zat-zat yang dibutuhkan kulit dengan memperkecil ukuran zat dalam obat dan kosmetik sehingga mempercepat khasiat pada kulit. Sebagaian kita dan di kalangan masyarakat sering mengeluh seiring obat oles maupun kosmetik berbentuk krim dan gel yang lambat berefek pada kulit.

Kemasan obat dan kosmetik berbentuk krim dan gel sebenarnya dimaksudkan untuk mempercepat terapi zat yang terkandung di dalamnya terhadap kulit. Kepala Program Pengembangan Sediaan Topikal Obat dan Kosmetik Berbasis Nanoki-tosan, Pusat Teknologi Farmasi dan Medika, BPPT, Dr Etik Mardliyati, MEng mengatakan penghalangan zat-zat yang menembus pori-pori dapat diatasi dengan penerapan teknologi nano untuk memperkecil zat tersebut.
“Jadi zat utama yang dibutuhkan kulit tersebut, kami perkecil ukurannya menjadi nano, yakni 60-80 nano. Dengan ukuran yang jauh lebih kecil, penyerapannya ke kulitpun akan jauh Iebih mudah. Kitosan yang telah berubah dan dimodifikasi ke dalam bentuk nanokitosan akan memberikan manfaat yang lebih efektif di banding dalam bentuk kitosan.

4 thoughts on “Produsen Nano Kitosan Dan Manfaatnya”

  1. selamat malam, sy mau bertanya, apakah perusahaan ini membutuhkan chitin sebagai bahan baku chitosan, jika ya, berapa yg d butuhkan, kami ukm yg berada d pesisir kalimantan timur sedang memproduksi chitin,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments Protected by WP-SpamShield Spam Plugin